Pages

Subscribe:

Sabtu, 03 Maret 2012

PENGERTIAN LINGKUNGAN


 Pengertian Lingkungan
Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan, Stern mengungkapkan manusia tumbuh dan berkembang dikarenakan menyatunya pengaruh lingkungan dengan faktor genetiknya (Semiawan 1999: 127). Menurut para ahli genetik , faktor genetik adalah segala potensi yang dibawa sejak lahir yang menjadi modal utama bagi kemampuan dan kemajuan seseorang.
Adapun pengikut faktor lingkungan menyimpulkan lingkungan yang mampu menghasilkan stimulasi dan nutrisi yang baik menjadi sebab utama dari perkembangan dan perubahan seseorang yang disebut juga dengan kemajuan dan perolehan. Sebaliknya, lingkungan yang miskin memudahkan anak mendapat pengaruh yang negatif (Berndt, 1997: 102). Lingkungan sebagai tempat, situasi, dan kondisi saat anak melakukan tes juga dapat mempengaruhi hasil tes.( Anastasi dan Urbina,1988: 14)
Text Box: 8Menurut Semiawan lingkungan adalah segala sesuatu di luar diri individu ( eksternal) dan merupakan sumber informasi yang diperolehnya melalui panca inderanya. Salah satu lingkungan yang terbukti sangat berperan dalam pembentukan kepribadian murid adalah sekolah (Semiawan, 1999: 127). Getzel dan Cuba berpendapat bahwa sekolah sebagai suatu sistem social memiliki dua dimensi, yaitu dimensi institusional dan dimensi individual terdiri dari orang-orang . Kedua dimensi ini berinteraksi dan menunjukkan dirinya dalam bentuk perilaku sosial atau berpadu dalam tujuan-tujuan persekolahan (Hamalik, 2003 : 22).
Menurut Soedijarto (2000: 46), sekolah sebagai pusat pembelajaran yang bermakna dan sebagai proses sosialisasi dan pembudayaan kemampuan, nilai, sikap, watak, dan perilaku hanya dapat terjadi dengan kondisi infrastruktur, tenaga kependidikan, sistem kurikulum, dan lingkungan yang sesuai. Dalam kaitannya dengan pengembangan minat baca, pendapat lain menyebutkan sekolah dapat dijadikan sebagai pusat pengembangan minat dan kegemaran membaca (Supriyanto, 1996: 1). Berdasarkan pendapat ini sarana dan prasarana yang mendukung terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan minat baca wajib disediakan, seperti perpustakaan, buku sekolah, program atau kegiatan-kegiatan membaca, dan waktu untuk membaca. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar Membaca Pendapat lain dari Semiawan (1999: 22) menyatakan sekolah sebagai sarana pendidikan berfungsi juga sebagai lembaga untuk menyeleksi dan memilih manusia yang berbakat, terampil dan mampu, sehingga masyarakat berkembang ke arah kondisi yang bermanfaat (meritocracy), dan dapat memenuhi kondisi masyarakat yang dipersiapkan untuk masa depan.
Dari berbagai pendapat dan teori di atas, disimpulkan lingkungan sekolah adalah suatu tempat dengan iklim yang dikondisikan untuk belajar dan mempersiapkan murid memenuhi perannya di masa sekarang dan masa mendatang.

Pengertian Lingkungan Sekolah

            Secara psikologi, memang lingkungan juga berperan penting dalam perilaku manusia khususnya sekolah, sebab dari sinilah perlakukan-perlauan yang terus menerus dan terstruktur masif diberikan kepada anak, sehingga anak diharapkan dapat merubah perilakunya sesuai yang diharapkan. Sekolah yang telah memberikan lingkungan yang menunjang bagi kesuksesan pendidikan maka sekolah itu secara langsung dan tidak langsung memberikan sentuhan perlakuan kepada anak.
Pengertian Lingkungan Sekolah dibagi dua katagori yaitu :
1)  Lingkungan Sekolah fisik yaitu seperti bangunan, alat, sarana, dan gurunya.    
2) Lingkungan Sekolah non fisik yaitu kurikulum, norma, dan pembiasaan  nilai-     nilai kehidupan yang terlaksana di sekolah itu.